Wisata & Kuliner

Merawat Kenangan Masa Lalu Lewat Janggan Tempo Doeloe

Magetan – Sebuah warung yang dibangun dari bambu menjajakan menu tradisional. Diterangi temaram cahaya lampu, pengunjungnya pun berpakaian tradisional Gondokusuman dan Kebaya. Ini tersaji dalam Janggan Tempo Doeloe yang digelar di Desa Janggan, Kec. Poncol, Magetan.

“Kami hadirkan suasana tempo dulu untuk nostalgia. Harapan kami dengan adanya event Janggan Tempo Doeloe ini, perekonomian masyarakat bergerak. Dan event ini menjadi ikon desa,” ujar Kepala Desa Janggan, Hariyadi, Minggu (24/7/2022).

Obrolan santai dan sederhana menyatu dalam suasana malam. Tidak hanya itu, sajian dolanan tradisional juga tersaji dalam pentas yang apik.

Mulai dari permainan bentik, lompat tali, cublak sueng, jamuran, serta dakon yang diperagakan anak-anak Desa Janggan, Kec. Poncol, Kab. Magetan.

“Saya tadi melihat dolanan tradisional, itu adalah permainan saya dulu. Permainan saat ini telah berubah, terima kasih kepada ibu guru yang telah mendidik anak-anak sehingga mengingatkan kita pada permainan zaman dulu,”ujar Bupati Suprawoto.

Bupati berpesan permainan tempo dulu bukan membawa kita ke tempo dulu tetapi perlu penyesuaian sesuai zamannya. Akan tetapi makna yang terkandung dalam permainan tradisional itu perlu kita contoh. “Karena di situ terkandung nilai kebersamaan dan unsur kreativitas yang tinggi,” ungkap bupati.

Selanjutnya bupati juga mewanti-wanti, agar anak-anak mulai dijauhkan dari pengaruh permainan handphone, orang tua tidak boleh terlena ketika anak mulai tenang dengan HP. Karena berbagai konten ada di sana, sehingga akan mempengaruhi mental anak. “Biarkan anak-anak kita beranjak dewasa sesuai usianya,” pungkas Bupati Suprawoto. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment