Selasa, 16 April 2024

Milad ke-91, Pemuda Muhammadiyah Magetan Menjadi Pilar Sosial Kemanusiaan

Share:

Magetan – Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei,  juga menjadi hari bersejarah pemuda islam di Indonesia.

Pada 91 tahun lalu, 2 Mei 1932, lahir kelompok pemuda Islam yang diharapkan KH Ahmad Dahlan dapat memberikan pembinaan terhadap pemuda-pemuda Islam. Pemuda Muhammadiyah.

Sebagai anak kandung dari gerakan Islam berkemajuan yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan, Pemuda Muhammadiyah memiliki mandat ideologis untuk mewujudkan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil ‘alamin dan tidak anti terhadap kemajuan.

Di Magetan, kiprah Pemuda Muhammadiyah sangat terasa khususnya di bidang sosial kemanusiaan. Misalnya, kegiatan khitan massal. Tak hanya diadakan di sebuah tempat, namun juga dilakukan secara door to door. Membantu masyarakat miskin Magetan.

Ada dua anak muda yang menginisiasi banyak kegiatan sosial kemanusiaan itu di Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Magetan. Keduanya, berlatar belakang di bidang Kesehatan. Ketua PDPM Magetan, Jainuri Ahmad Affandi dan  bendaharanya, Ivan Trikumoro.

“Ini sebagai bentuk pengabdian kami di bidang Kesehatan. Selain itu, juga untuk menghadirkan manfaat serta peran Muhammadiyah di masyarakat. Mungkin orang menganggap khitan adalah hal sepele, namun bagi masyarakat kurang mampu hal tersebut sangat membantu, apalagi khitan merupakan salah satu syariat islam yang wajib dilakukan oleh seorang laki laki,” kata Jaenuri, Selasa (2/5/2023).

Jainuri adalah alumnus S1 Keperawatan yang saat ini bekerja di RS Aisiyah Kota Madiun. Sedangkan, Ivan Trikumoro, apoteker yang mempunyai istri seorang dokter.

“Kerjasama kami selama ini cukup simpel, tenaga medis ditangani langsung oleh ketua, sedangkan saya dari sisi obatnya,” kata Ivan.

Sejak dilantik menjadi pengurus PDPM Magetan pada 2018 lalu, kolaborasi Jainuri dan Ivan telah menghasilkan acara khitanan massal gratis berskala besar sebanyak 5 kali di Magetan.

Selamat Milad Pemuda Muhammadiyah ke-91! (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

636
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Ratusan Pemudik Magetan Balik Gratis ke Surabaya

Magetan - Sebanyak 350 pemudik di Magetan balik ke tujuan Surabaya dan sekitarnya. Mereka menumpang 7 bus yang disediakan Pemkab Magetan dalam program balik gratis.Jajaran...

Pj Bupati Magetan Berangkatkan 3 Bus Pemudik Balik ke Jakarta

Magetan – Kemarin, Sabtu (13/4/2024) hingga Senin (15/4/2024) diprediksi sebagai puncak arus balik Lebaran tahun ini. Di Magetan, sebanyak 3 bus rombongan pemudik yang balik...