Sabtu, 13 Juli 2024

Peringati Harlah ke-24, OI Magetan Usung Budaya dan Kearifan Lokal

Maospati – Serangkaian acara dilakukan Ormas Orang Indonesia (OI) Kabupaten Magetan. Acara yang digelar selama dua hari mulai tanggal 26 sampai 27 Agustus 2023 tersebut dibuat untuk memperingati Harlah Ormas OI yang ke-24.

Dalam Harlah tahun ini, ormas OI Magetan mengusung tema “Napak Tilas Budaya dan Kearifan Lokal di Bumi Mageti, untuk Generasi Digital”.

Selain Harlah, acara yang dipusatkan di Pendopo Distrik Maospati tersebut sekaligus memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke 78. Adapun acaranya yaitu pekan budaya, santunan anak yatim, sedekah pasar Maospati, dan juga pameran seperti batu akik, keris serta UMKM.

“Selain peringatan Harlah dan Kemerdekaan, ada juga doa kepada sesepuh yang ada di Maospati yaitu Raden Ronggo Prawirodirjo III dan Bontot Alibasah ahli kubur yang ada di sini. Hal ini bertujuan untuk mengangkat destinasi cagar budaya pendopo Distrik Maospati,” jelas Muhammad Tawabbur Rohim, Ketua Ormas OI Kabupaten Magetan yang juga selaku penangung jawab acara, Minggu (27/8/2023).

Muhammad Tawabbur Rohim menambahkan, rangkaian acara sebenarnya sudah dilakukan mulai tanggal 24 Agustus kemarin dengan kerja bhakti membersihkan lingkungan bersama dengan masyarakat sekitar. Selain itu, untuk tanggal 25 Agustus malam, juga diadakan dzikir bersama di pondok pesantren untuk kirim doa kepada sesepuh yang ada di Maospati.

“Untuk puncak acara kami lakukan hari ini, selain tumpengan di Pasar Maospati yang dilakukan pagi tadi, ada juga seni reog dari masyarakat setempat. Ada juga pameran batu akik dan keris juga UMKM warga sekitaran Distrik Maospati,” tambahnya.

Diketahui, dalam pembukaan acara juga diadakan saraserah budaya yang dihadiri mahasiswa dari kampus terdekat serta santri pondok di wilayah Maospati. Sarasehan tersebut, membahas tentang sejarah Raden Ronggo Prawirodirjo dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Diharapkan, Pendopo Distrik Maospati yang kental akan sejarah, mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Magetan. Sehingga, lokasi tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Magetan. (rud/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories