Politik & Pemerintahan

Program Sabtu Tuntas dan Pepeling, Upaya Pemkab Magetan Dekatkan Pelayanan Publik pada Warga

Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan terus berinovasi terkait pelayanan publik. Hal ini menjadi prioritas utama Bupati Suprawoto dan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti dalam melayani masyarakat dengan sistem jemput bola.

“Kewajiban pemerintah untuk hadir langsung di tengah masyarakat. Mendekatkan diri pada masyarakat. Sekarang zamannya teknologi. Semuanya mudah karena ada teknologi. Termasuk inovasi di bidang pelayanan publik,” ujar Bupati Suprawoto di Gebyar Pelayanan Publik di Bendo, Rabu (23/11/2022).

Upaya jemput bola ini dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Pemkab Magetan. Melalui program Sabtu Tuntas. Ini adalah layanan kependudukan dasar dengan menggandeng Pemerintah Desa dan Polsek setempat.

“Program Sabtu Tuntas ini untuk menyadarkan dan memudahkan masyarakat mendapatkan dokumen kependudukan,” terang Kepala Dispenduk Capil, Hermawan, Sabtu (26/11/2022).

Program Sabtu Tuntas ada melayani masyarakat di bidang kependudukan. Seperti kartu keluarga, e-KTP, akta kelahiran, kartu identitas anak, akta kematian serta surat permohonan pindah.

Program tersebut sudah digelar di lima kecamatan. Yakni, Plaosan, Sidorejo, Panekan, Magetan, Karas dan sekarang di Maospati. “Kita selesaikan desa per desa di satu kecamatan. Baru kemudian pindah kecamatan yang belum tersentuh Sabtu Tuntas,” ujar Hermawan.

Dispenduk Capil juga memiliki program Paling Jempol. Ini layanan Pelayanan Keliling Jemput Bola Perekaman e-KTP dan Kartu Identitas Anak atau KIA.

Beragam inovasi dilakukan oleh Dispenduk Capil. Inovasi tersebut untuk memudahkan melayani warga Magetan. Di antaranya, PAKTUWA (Pelayanan Administrasi Kependudukan Tutul WA), Maling Budiman (Perekaman Keliling Buat Difabel/Disabilitas dan Manula), juga Tamat Sekolah (Akta Kematian Secara Kolektif Sampai Rumah).

DPMPTSP Miliki Program Weekend Service

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Magetan memiliki program Pelayanan Perizinan Keliling (Pepeling). Selain itu, pemkab juga telah menyulap Pasar Baru dengan fasilitas Mall Pelayanan Publik.

“Program Pepeling ini untuk mendekatkan layanan perizinan usaha kepada para pelaku UMKM. Berbagai masalah terkait perizinan juga dipecahkan secara cepat dan efisien,” papar Kepala DPMPTSP, Sunarti Condrowati ketika di Bendo.

Menurut Condrowati, izin usaha memberi kepastian hukum bagi setiap pelaku bisnis. Salah satunya UMKM/IKM yang bisa menggerakkan perekonomian bangsa. “Semua semua perizinan gratis, tidak dipungut biaya apapun,’’ tutur dia.

Program Pepeling dilaksanakan di tempat-tempat keramaian seperti pasar-pasar tradisional di Magetan. Dalam Pepeling ini, izin yang bisa diajukan, antara lain, nomor induk berusaha atau NIB.

Inovasi DPMPTSP lain adalah Pelayanan Antar Perizinan Khusus yaitu LA-ZIK. Ini kemudahan bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan antar sertifikat izin ke alamat pemohon. Dan diberikan secara khusus kepada kaum difabel, lansia, dan dalam kondisi tertentu.

DPMPTSP juga memiliki inovasi dengan program Weekend Service. Ini pelayanan akhir pekan, khusus di hari Sabtu. Di Weekend Service, pemohon yang tidak dapat mengurus izin di hari kerja, bisa mengurus di hari Sabtu mulai pukul 08.00 WIB s/d 12.00 WIB. (par/mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment