Politik & Pemerintahan

Proyek Pelebaran Jalan di Mategal Disidak DPRD Magetan

Magetan – Komisi D DPRD Magetan melakukan inspeksi mendadak (sidak) proyek di lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pemkab. Ini terkait dengan fungsi pengawasan bersamaan pelaksanaan perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD tahun 2022.

Sidak dipimpin langsung oleh Ketua Komisi D, Suyatno. Di antaranya, proyek pembangunan pelebaran jalan di Desa Mategal, Kecamatan Parang. Proyek tersebut dibangun dengan dana alokasi khusus (DAK) 2022.

“Padatnya kegiatan fisik di akhir tahun, menyebabkan konsentrasi pembangunan terfokus dalam beberapa bulan saja. Selain itu, curah hujan yang tinggi harus diantisipasi oleh pelaksana dan Dinas PUPR,” ungkap Ketua Komisi D, Suyatno dalam rilis DPRD Magetan, Selasa (08/11/2022).

Temuan dari hasil sidak sejumlah proyek tersebut, Komisi D akan melakukan hearing lewat forum Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengab Dinas PUPR. “Perlu peningkatan kualitas diinternal pelaksana. Juga pengawasan oleh konsultan. Selain dari Dinas PUPR,” imbuh anggota Komisi D, Parni Hadi.

Dia menambahkan, profesionalitas konsultan perencana dan pengawas menjadi hal penting. “Jangan ada penurunan spek dalam realisasi di lapangan. Ini supaya ketika pekerjaan itu jadi bisa awet dan dinikmati masyarakat sekitar,” ujar Parni. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment