Politik & Pemerintahan

Stabilitas Sospol dan Keamanan Jadi Prioritas Program Pemkab Magetan di 2024

Magetan – Tahun 2024 adalah tahun politik. Itu sebabnya, menjaga stabilitas politik adalah salah satu prioritas Pemkab Magetan dalam program pembangunan tahun 2024 mendatang.

Prioritas tersebut terungkap saat Forum Konsultasi Publik Rancangan Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024, Rabu (18/01/2023) di Pendopo Surya Graha, yang digelar Bappeda Litbang Pemkab Magetan.

“Menjaga stabilitas sosial, politik serta keamanan adalah prioritas pertama dalam program pembangunan di tahun 2024 mendatang,” ujar Kepala Bappeda Litbang, Elmy Kurnianto Widodo.

Enam prioritas lain adalah transformasi produktivitas pertanian dan pariwisata, serta reformasi sistem perlindungan sosial untuk perluasan akses penduduk miskin dan rentan sesuai basis data.

Yang keempat, penguatan manajemen pemerintahan yang adaptif. Serta kelima, peningkatan potensi pajak, intensifikasi, dan ekstensifikasi. Kemudian yang terakhir adalah kemitraan dengan stakeholder untuk penguatan ekonomi masyarakat.

Menurut Elmy, Forum Konsultasi Publik ini merupakan langkah awal dalam penyusunan RKPD yang prosesnya masih panjang.

“FKP menjadi saluran kita dalam mendapatkan masukan, menyinkronisasi usulan, dan menyetelkan perintah dari atas. Yang jelas, proses ini harus melibatkan seluruh stakeholder. Dan nanti kita wujudkan dalam program kerja,” tutur Elmy.

Bupati Suprawoto mengatakan, FKP digelar sebagai bentuk penyempurnaan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan. Sekaligus sebagai wadah untuk menghasilkan kesepakatan antar para pemangku kepentingan.

“Perencanaan pembangunan memang harus direncanakan jauh sebelumnya. Semua, butuh kehati-hatian karena di era digital semuanya harus cepat tanggap terhadap perubahan,” ujar bupati.

Karena itu, lanjut Suprawoto, perlu ada tahapan dan masukan yang lebih cerdas dari seluruh komponen masyarakat supaya mengena, karena kecepatan perubahan kan luar biasa.

Wakil Ketua DPRD dr. Pangajoman mengatakan, RKPD merupakan dokumen perencanaan untuk periode satu tahun.

Ia menambahkan, penyusunan RKPD tahun 2024 yang sejak awal telah dilakukan serta telah dicermati. Termasuk, melibatkan peran serta warga.

Selain itu, dewan juga berharap pembangunan yang akan dilaksanakan bisa dirasakan langsung oleh masyaraka. “Sekaligus menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat Magetan,” tutur wakil rakyat dari Partai Demokrat itu. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment