Jumat, 19 April 2024

Tingkatkan Akuntabilitas, Pemkab Magetan Adopsi Sistem Pemkot Surabaya

Share:

Magetan – Pemkab Magetan terus berupaya untuk menciptakan pemerintahan yang akuntabel. Salah satunya dengan meniru sistem yang diterapkan melalui aplikasi yang dipunyai Pemkot Surabaya.

Pj Bupati Magetan Hergunadi telah meneken kerja sama dengan Pemkot Surabaya, di ruang sidang Wali Kota Surabaya, Kamis (23/3/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan mengatakan di tahap awal ini, yang dikerjasamakan adalah aplikasi milik Pemkot Surabaya, SAKIP dan e-planning. Dua aplikasi itu diduplikasi Pemkab Magetan.

SAKIP adalah Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. Sebuah sistem terintegrasi dari sistem perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan akuntabilitas keuangan.

Sedangkan, E-planning merupakan sistem informasi yang dibangun untuk menjadi portal utama sistem Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya.

“Nah, SAKIP dua tahun terakhir ini berhasil mendapatkan nilai A (Sangat Baik) dan SAKIP kita sudah sesuai dengan standar yang ada di pusat. E-planning juga sudah lama diterapkan dan sangat membantu,” kata Ikhsan.

Pj Bupati Magetan Hergunadi menyampaikan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Sekda Kota Surabaya beserta jajarannya yang telah menyambutnya baik Magetan.

Hergunadi sangat berharap kerja sama ini menghasilkan berbagai ilmu dan pengalaman di bidang pemerintahan.

“Ini sangat penting dalam sistem pemerintahan, sehingga pelayanan kami di Magetan bisa jauh lebih bagus kepada masyarakat,” katanya.

Hergunadi menjelaskan alasannya mengadopsi aplikasi SAKIP dan e-planning, karena lebih ekonomis, jaraknya lebih dekat, dan jajaran yang akan belajar di Surabaya akan diajari secara gratis dan aplikasinya bisa diduplikasi secara gratis, sehingga aplikasi itu tinggal menyesuaikan dengan kondisi di Magetan. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

639
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Hari Raya di Era Digital

Kebetulan saya mengalami berbagai jaman di dalam merayaan Hari Raya Idhul Fitri, kalau mengacu perkembangan teknologi jaringan atau network dalam dunia telekomunikasi. Ingatan saya...