Pemilu 2024

Usulan Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Diuji Publik

Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan melakukan uji publik terhadap tiga usulan rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD Kabupaten Magetan untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Magetan Fahrudin mengatakan, bahwa uji publik kali ini untuk mendapatkan saran dan masukan dari masyarakat terkait rancangan dapil tersebut.

“Dari kegiatan ini, kami akan menampung tanggapan dan masukan dari para teman-teman parpol, akademisi atau perorangan yang hadir saat ini,” katanya, Selasa (13/12/2022).

Lebih lanjut, kata Fahrudin, hasil dan masukan dari uji publik ini, akan ditampung serta didiskusikan untuk diserahkan kepada KPU RI.

Perlu diketahui, dari hasil uji publik tersebut usai diserahkan dan ke KPU RI, penetapan kursi DPRD akan dibuatkankan surat keputusan oleh KPU RI pada 23 Februari 2023 mendatang.

Sebelum pelakanaan uji publik hari ini, sebagian besar parpol menolak usulan KPU Magetan terkait penataan dapil dan alokasi kursi. Karena tidak memiliki urgensi dan dapil pada pemilu sebelumnya paling memenuhi syarat dan 7 kriteria penataan dapil. (rud/mk)

(rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email
Tags

1 Comment

Click here to post a comment