Senin, 15 Juli 2024

Ada 200 Pusaka dan Keris dari Berbagai Daerah di Pameran Tosan Aji Magetan 2024

Magetan – Agenda tahunan Pemkab Magetan yakni Pameran Tosan Aji kembali digelar. Sudah kali ke empat pameran keris dengan tema Joyo Jayaning Nuswantoro dilakukan di Gedung Tripandita, Kamis (11/7/2024).

Pameran dibuka langsung oleh Pj Bupati Magetan dengan pemukulan gong yang didampingi Forkompinda Magetan. Event tahunan tersebut akan berlangsung selama empat hari, yakni dimulai tanggal 11 hingga 14 Juli mendatang.

Apresiasi tinggi disampaikan Pj Bupati Magetan Hergunadi terhadap acara Pameran Tosan Aji tersebut. Menurutnya, dengan adanya pameran yang tiap tahun digelar, mampu menumbuhkan serta mempertahankan warisan budaya leluhur.

“Tosan Aji ini kan dulunya merupakan sarana untuk mempertahankan eksistensi dari bangsa kita di masing-masing tempat. Selain itu didalam keris itu ada filsafat dan karya seni yang bisa dipelajari. Kami berharap masyarakat memahami pameran ini yaitu menghargai leluhur kita,” jelasnya usai membuka pameran.

Selain itu, menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Magetan, Joko Trihono, sebanyak 200 bilah pusaka dan keris dari berbagai jenis dipamerkan dalam event ini. Tidak hanya dari Magetan, namun dari luar daerah juga turut datang untuk meramaikan.

“Sekitar 60 pebursa tosan aji dan batu mulia dari dalam dan luar kota juga ikut berpartisipasi. Jadi pameran ini sekaligus menjadi wadah bagi pegiat budaya yang berkolaborasi dengan pecinta tosan aji dan para empu,” kata Joko Trihono.

Dalam empat hari kedepan beberapa rangkaian acara sudah dipersiapkan. Selain Pameran Tosan Aji, ada Festival Ledhug, Kirab Pusaka Gumolong Lampah Hastungkoro, Andum Bolu Rahayu, Pameran Batik dan lainnya.

“Untuk penutupan pada tanggal 14 Juli nanti ada juga Jemparingan yang diikuti para penghobi jemparingan yang berada di Pulau Jawa. Acara akan ditutup dengan wayang kulit,” pungkas Joko. (rud/mk)

Berita Terkait

Hot this week

-Advertisement-spot_img

Berita Terbaru

Popular Categories