Pemilu 2024

Berkurang Hampir 300 Orang, Sebanyak 661 Calon PPK Pemilu 2024 Jalani Tes CAT

Magetan – Sebanyak 661 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Magetan mengikuti seleksi tes tulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Bertempat di SMKN 1 Magetan, ujian dilakukan dua hari, yakni tanggal 6-7 Desember 2022, sesuai jadwal tahapan pemilihan PPK yang sudah ditetapkan KPU Magetan.

Menurut Ketua KPU Magetan Fahrudin, jumlah peserta yang menjalani tes tulis adalah peserta yang lolos administrasi. Dari data KPU, hampir tiga ratus orang yang tidak lolos administrasi.

“Yang lolos untuk mengikuti tes tulis ada 661 peserta, berkurang banyak dari data yang masuk di saat pendaftaran, yakni 927 peserta,” katanya.

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Magetan, Nur Salam menambahkan, seleksi dibagi menjadi 2 sesi pelaksanaa ujian, setiap harinya. Pada hari pertama sesi 1 kali ini, sebanyak 19 peserta tidak hadir dalam tes ujian.

“Pada sesi pertama di hari pertama, ada sebanyak 160 peserta, yang tidak hadir 19 orang,” katanya.

Nur Salam melanjutkan, dari hasil seleksi CAT, KPU akan mengambil 15 peserta dengan nilai tertinggi di setiap kecamatan, atau tiga kali kebutuhan PPK tiap Kecamatan yaitu 5 orang.

“Apabila terdapat nilai yang sama di nomer urut terakhir (nomer 15), berapapun jumlah pesertanya akan dinyatakan lolos. Jadi bisa saja, tiap kecamatan terdapat perbedaan terkait jumlah peserta yang lolos seleksi,” imbuhnya.

Pantauan magetankita.com, dalam seleksi hari pertama, peserta bisa mengetahui nilai ujiannya di komputer. Banyak dari peserta yang menunggu hasil pengumuman yang ditempel oleh panitia ujian.

KPU akan mengumumkan semua hasil tes tulis tersebut pada tanggal 8 Desember 2022 mendatang. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment