Breaking news:

Diskusi KNPI Magetan, Caleg Muda Bisa Jadi Kuda Hitam

Magetan – Seru. Itulah gambaran berlangsungnya acara diskusi KNPI dengan judul, Demokrasi Milenaial Politik di Tangan Anak Muda, Selasa (29/11/2023) di Dapur Lintang, Magetan.

Ketiga narasumber yang kesemuanya caleg muda memaparkan alasan dan programnya sebagai bekal nyaleg. Ketiganya, adalah Caleg Partai Demokrat Risto Ariesta Vialle, Caleg PDIP M. Dwi Candra, dan Caleg Partai Nasdem Marga Dwi Setyawan.

“Masyarakat banyak yang bilang anggota dewan itu, janji palsu, korupsi, rapat tidur. Nah, anak muda akan menjadi agen perubahan terhadap potret tersebut,” kata Marga yang nyaled di Dapil Parang, Lembeyan, dan Ngariboyo.

Marga yang berusia 25 tahun itu mengaku akan memberi contoh bahwa anak muda bisa melakukan banyak hal termasuk politik.

Caleg muda lain, Risto Ariesta Vialle bertekad akan memberikan wadah dan ruang yang apresiatif bagi anak muda.

Menurut dia, ada banyak PR untuk mewadahi anak muda.

“Anak-anak muda perlu mendapatkan wadah apresiatif yang tepat. Ketika saya di komunitas kicau mania anak muda misalnya, saya melihat ada banyak aspirasi yang perlu diperjuangkan. Di komunitas olahraga, motor, seni musik dan budaya,” jelas Cah Magetan yang berusia 26 tahun itu.

Dari PDIP, M Dwi Candra Saputra mengaku meski lebih daridari 50 persen jumlah pemilih berasal dari kalangan muda, namun politik banyak dominasi kaum tua.

“Dominasi sekarang masih orang tua, kinerjanya orang tua. Tidak ada keterwakilan anak muda. Karena itu, saya mengajak anak muda untuk melalukan perbaikan yang dimulai dari kontestasi pemilu,” jelas anak muda 25 tahun itu.

Candra menjelaskan program yang diusung tetap untuk mengangkat petani, pedagang, keterjangkauan harga bahan pokok.

Diskusi yang berlangsung lebih dari jam itu ditonton puluhan anak muda.

Ketua KNPI Habib Asha Kurniawan yang memandu diskusi mengatakan KNPI akan rutin menggelar diskusi publik.

“Ini pasti bukan yang pertama dan terakhir. Diskusi akan rutin kami gelar untuk membuka cara berpikir dan ruang bagi anak-anak muda Magetan,” katanya. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait