Wisata & Kuliner

Soto ‘Pak Irak’, Harganya Termurah Sedunia Cuma 3 Ribu, Hasilnya Bisa untuk Beli Mobil

Ngariboyo – Inilah soto termurah di dunia. Seporsi hanya Rp 3.000, sudah lengkap dengan irisan telur dan ayam.

“Yang mangkuk besar harganya, Rp 5.000. Kalau yang tiga ribu mangkuk kecil, atau cepuk,” kata Andi Sugiharto, penjual soto “Pak Irak”, Sabtu (26/3/2022).

Ceritanya, 7 bulan lalu. Yuli Verawati, putri Sukiran atau yang biasa dipanggil “Pak Irak” memutuskan untuk berjualan soto di jalan raya Parang-Ngariboyo, Desa Ngariboyo, Magetan.

Dia berjualan “Soto Pak Irak” bersama suaminya, Andi Sugiharto. Resepnya didapat dari sang ayah yang jago masak.

Soto bening khas Magetan, ada mie putih dan cambahnya. Rasanya gurih.

“Mungkin karena pandemi banyak yang libur kerja, waktu awal-awal buka lumayan ramai, kami bisa menjual 20 liter kuah soto atau sekitar 150 porsi sehari,” cerita Andi.

Soto Pak Irak telah memiliki pelanggan setia. Supardi, warga Desa Banyudono, Ngariboyo, hampir tiap makan siang di Soto Pak Irak.

“Harganya murah, pas dengan kantong saya yang pas-pasan. Terus rasanya cocok,” katanya.

Saat ini, rerata tiap hari pasutri dari Parang ini bisa menjual sekitar 50-100 porsi. Kalau weekend bisa sampai dua kali lipat. Soto Pak Irak buka pagi setelah subuh, hingga jelang sore.

“Kami memang sengaja menjual murah. Meskipun harganya murah, kalau terjual banyak ya untungnya ada,” jelas Andi.

Cara Andi dan istrinya menjual soto dengan harga murah, menuai sukses. Beberapa pembeli dari luar kota bahkan sengaja datang untuk mencicipi soto termurah di dunia ini.

Hasil penjualan sotonya cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan mengangsur mobil Daihatsu Sigra yang digunakan sebagai angkutan barang keperluan jualan. “Naik soto ini istilahnya,” kata Vera sembari tertawa.

Selain soto, Andi dan Vera melengkapi warungnya dengan nasi pecel, dan lalapan ayam. (far/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment