Jumat, 19 April 2024

Kasus Video Viral Rusak Motor, Dilaporkan ke Polres Magetan, Besok Selasa

Share:

Magetan – Rencana untuk memolisikan konten video anak yang ngamuk karena motor di depan dealer motor bekas di Karas, betul-betul jadi dilakukan.

Rencananya, DPD Lembaga Perlindungan Konsumen Nusantara (LPKN) Jatim, akan melaporkan kasus video itu, Besok, Selasa (30/5/2023).

“Kalau tak ada aral melintang, besok kasus ini kami bawa ke Polres Magetan, sekitar pagi Mas,” Kepala Bidang Hukum dan Sengketa DPD LPKN Jatim, Ahmad Setiawan alias Wiryo saat menghubungi magetankita.com, Senin (29/5/2023).

Ada beberapa poin yang melandasi LPKN melaporkan kasus video viral ini ke polisi. Pertama, ekspos kekerasan. Kedua, terkait UU Perlindungan Konsumen.

“Narasi motor matic dirusak karena pilih motor trail. Ini ada unsur merendahkan barang atau jasa yang lain dan itu melanggar Undang-Undang,” jelasnya.

Poin ketiga, menurut LPKN Jatim, konten yang disebar bukan bagian dari film yang dibuat, tapi promo. Namun tanpa disclaimer, atau penjelasan apapun.

“Rasanya ini juga bisa melanggar UU ITE soal konten bohong,” ungkap Wiryo.

Wiryo menjelaskan pihaknya melaporkan ke polisi supaya ada sanksi moral dan hukum dari kasus penyebaran video tersebut.

“Kita serahkan pada polisi untuk mengungkap siapa yang membuat, menyuruh, dan menyebarluaskan, supaya semua terang,” jelasnya.

Nasib video viral ini bisa jadi tak sesuai harapan ketika sengaja diviralkan. “Ini bisa jadi pelajaran berharga bagi para kreator konten untuk membuat hal yang positif dan bertanggung jawab,” pungkas Wiryo. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

━ berita terkait

639
Bupati Magetan 2024-2029 Pilihan Anda

━ berita terbaru

Hari Raya di Era Digital

Kebetulan saya mengalami berbagai jaman di dalam merayaan Hari Raya Idhul Fitri, kalau mengacu perkembangan teknologi jaringan atau network dalam dunia telekomunikasi. Ingatan saya...