Peristiwa

Menimba Ide di Creative Hub Semarang

Semarang – Creative Hub Semarang (CHS) identik dengan Rumah Promosi IKM Magetan. Keduanya sama-sama berfungsi sebagai tempat komunitas pelaku ekonomi beraktivitas. Sekaligus, berkreasi serta berkolaborasi guna mendukung kebangkitan dunia pariwisata pasca-pandemi Covid-19.

Creative Hub Semarang ini menjadi jujugan kunjungan Media Gathering Diskominfo Magetan 2022, Jumat-Sabtu (18-19/11/2022). Media gathering ini diikuti oleh sekitar 50 wartawan yang biasa ngepos di Magetan.

“Creative Hub Semarang ini adalah ruang bagi pelaku industri kreatif untuk beraktivitas. Semua komunitas bisa men-display karya mereka,” kata Kepala Dinas Perindustrian Pemkot Semarang, Tri Supriyanto.

Creative Hub Semarang ini berlokasi di kawasan strategis di Kota Lama. Menempati bangunan milik BUMN PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia. Di sini ada galeri batik ikon Semarang. Lalu ruang pamer aneka kerajinan. Ada pula stan barang antik serta foodcourt.

Keberadaan Creative Hub Semarang tersebut boleh dikata sama dengan Rumah Promosi IKM Magetan. Lokasinya juga strategis. Fungsinya sebenarnya juga tak jauh beda. Yaitu, ruang pamer untuk mendukung dunia pariwisata di Magetan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Magetan, Cahaya Wijaya mengatakan, media gathering ini bertujuan kulak ide tentang kolaborasi industri kecil menengah guna mendukung era kebangkitan perekonomian serta pariwisata. Diharapkan potensi yang dimiliki Semarang bisa memotivasi sekaligus menginspirasi masyarakat di Magetan.

“Kota semarang ini merupakan kota utama seperti halnya kota besar. Dan terima kasih untuk Pemerintah Kota Semarang yang telah menerima rombongan kita di kota ini dan semoga kita bisa saling berbagi ilmu nantinya,” terangnya.

Menurut dia, kolaborasi dan inovasi ini sebagai adaptasi untuk meningkatkan dan mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19. “Kita harus mengambil peluang menjadi pemenang sekaligus mendidik SDM unggul,” kata Cahaya. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment