Senin, 15 Juli 2024

Pastikan Aman Dikonsumsi, Dinkes Magetan Sidak Mamin di Toko dan Swalayan

Magetan – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023, Pemkab Magetan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman (mamin). Sidak menyisir sejumlah toko dan swalayan di wilayah Magetan.

Seperti pada Kamis (13/4/2023), tim Dinkes mengunjungi Minimarket Abi Mart di Jalan Imam Bonjol, Magetan. Petugas dari Dinkes memeriksa satu persatu mamin kemasan di etalase.

Menurut Kepala Dinkes, Rohmat Hidayat, pemeriksaan mamin difokuskan pada kode produksi, lebeling, masa kedaluwarsa, komposisi produk, penataan produk sampai izin edar.

“Sidak ini untuk memastikan mamin yang dibeli masyarakat aman sesuai standar. Apalagi kebutuhan masyarakat dalam menyiapkan mamin cenderung meningkat di masa Hari Raya Idul Fitri,” kata Rohmat Hidayat.

Kepala Dinkes berharap pemilik usaha memberikan perhatian lebih terhadap keamanan produk. Hal ini lantaran terkait kesehatan masyarakat.

“Jika ditemukan produk yang bermasalah mohon segera ditarik atau dikembalikan,” ungkap Rohmat Hidayat.

Ia mengatakan, sidak akan digelar serentak di sejumlah pertokoan di Magetan. Untuk itulah, Dinkes mengimbau masyarakat agar lebih teliti ketika berbelanja. “Harapannya, produk yang dikonsumsi aman.” (mif/mk)

Berita Terkait

Hot this week

-Advertisement-spot_img

Berita Terbaru

Popular Categories