Hukum & Kriminal

Duh, Bapak Ajak Anak Curi Motor

Magetan – Salah satu tugas orang tua adalah mendidik anaknya menjadi lebih baik. Berbeda dengan yang dilakukan DP (47), pria kelahiran Surabaya tersebut malah mengajak anaknya untuk melakukan pencurian sepeda motor.

Karena hal tersebut, DP diamankan oleh Satreskrim Polres Magetan di rumah kontrakannya di Kelurahan Kepolorejo, Kecamatan Magetan.

“Berawal dari laporan Hadi Prayitno, warga Ngariboyo. Dimana pada tanggal 11 Januari 2023 kemarin, sepeda motor milik korban hilang dicuri orang saat diparkir di sebuah toko di Tawanganom Magetan,” jelas Kasatreskrim Polres Magetan, AKP Rudy Hidajanto, Rabu (25/1/2023).

Modus operasi tersangka, lanjut Rudy, DP bersama anaknya hunting mencari sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan atau depan rumah yang tidak dikunci stang. Setelah mendapati targetnya, anak tersangka disuruh mendorong motor tersebut. Selanjutnya, jarak sekitar 10 meter, DP akan mendorong dengan sepeda motor lain dari belakang.

“Sesampainya di rumah, pelaku melepas plat nomor dan stiker yang ada pada motor curian tersebut. Selanjutnya DP melepas rumah kunci kontak untuk digandakan kontaknya kepada tukang kunci,” tambahnya.

Pencurian sepeda motor yang dilakukan DP bukan kali pertama. Pelaku sudah 9 kali melakukan aksi yang sama. Setelah berhasil mencuri, DP akan menjual sepeda motor tersebut. Namun ada 1 yang oleh pelaku dijadikan kendaraan pribadi.

“Perkara ini tetap kami proses sesuai prosedur yang berlaku. Untuk anaknya kita split, tidak kami sebut identitasnya karena masih dibawah umur. Dari hal ini tersangka kena pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tutup Kasatreskrim. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment