Sabtu, 13 Juli 2024

Khofifah dan Emil Ziarah ke Makam Gubernur Soerjo

Magetan – Gubernur Khofifah Indar Parawansa bersama Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak berziarah ke makam Gubernur Jawa Timur pertama Raden Mas Tumenggung Ario (RMTA) Soerjo atau Gubernur Soerjo di Jalan Salak Magetan, hari ini, Jumat (9/10/2020).

Ziarah makam pahlawan nasional, Gubernur Soerjo itu, menjadi rangkaian acara HUT ke-75 Provinsi Jawa Timur, yang jatuh pada 12 Oktober besok. HUT Jatim juga hampir berbarengan dengan HUT ke-345 Kabupaten Magetan.

“Kami berharap milenial Jawa Timur terus mengikuti keteladanan para pejuang,” ujar Khofifah kepada media usai ziarah.

Menurut Khofifah, Gubernur Suryo merupakan pahlawan nasional sekaligus yang babad alasnya Jawa Timur. Sehingga, warga Jatim sudah seyogyanya menghormati seluruh jejak perjuangan dan pengorbanan kepahlawanan yang telah didedikasikan.

RMTA Soerjo adalah sosok pahlawan nasional yang menjadi pejuang bagaimana Indonesia merdeka hingga dipercaya sebagai gubernur pertama Jawa Timur.

Gubernur Soerjo memimpin Jatim mulai tahun 1945 hingga 1948. Beliau wafat setelah ditemukan jenazahnya di Ngawi. Sebelumnya, kendaraan milik gubernur dihentikan oleh kelompok yanf pro-PKI.

Khofifah juga memberikan santunan dan penghormatan kepada kekuarga dan ahli waris pahlawan nasional, Gubernur Soerjo.

Kedatangan Gubernur Khofifah dan Wagub Emil Dardak disambut oleh Bupati Suprawoto, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, Danlanud Iswahjudi Marsma TNI Widyargo Ikoputra serta Forkopimda Magetan. (ar/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Berita Terbaru

Popular Categories