Peristiwa

Sambut Imlek, Klenteng An Hien Bio Maospati Dibersihkan Mumpung Dewa-Dewi ke Kerajaan Langit

Magetan – Menjelang Tahun Baru Imlek 2574 atau 22 Januari 2023, Klenteng An Hien Bio di Jl Raya Madiun-Maospati dibersihkan.

Belasan warga keturunan Tiongkok di Maospati sekitar, bahu membahu membersihkan Tempat Ibadah Tri Darma (TITD), yang saat ini di bawah naungan TITD Hwie Ing Kiong Madiun tersebut.

“Saat ini, dewa-dewi sedang tidak ada di klenteng. Beliau sedang naik ke Kerajaan Langit. Karena itu, klenteng kami bersihkan,” ujar Lia Yunita Sari, warga Desa Karangsono, Kecamatan Barat ditemui Klenteng An Hien Bio, Senin (16/1/2023).

Sebelum dilakukan pembersihan, dilakukan sembahyang sekaligus permohonan izin kepada Dewa Kwan Se Im Po Sat. Beliau adalah dewa bumi dan tuan rumah Klenteng An Hien Bio.

Setelah itu, para dewa di klenteng ini dikeluarkan dari altar. Setidaknya ada enam dewa yang berada di klenteng ini. Yaitu, Kwan Se Im Po Sat (Dewa Bumi sekalugus tuan rumah Klenteng An Hien Bio), dewa Kwan Sing Te Kun, Jai Sin Ya, Sajyamuni Buddha, Kong Hoe Tjoe dan dewa Lao Tze.

Menurut Lia, sehari sebelum tradisi bersih-bersih klenteng ini, dirinya melaksanakan laku vegetarian. Tidak hanya itu, hati juga harus bersih.

Klenteng An Hien Bio Maospati ini dahulu adalah tempat ibadah perorangan. Kemudian, pengelolaannya diserahkan pada TITD Hwie Ing Kiong Madiun. Saat ini, kondisinya jauh lebih terawat. Setiap satu tahun sekali menjelang Imlek, warga membersihkan klenteng.

“Klenteng An Hien Bio ini menjadi tempat peribadatan ummat Budha, ajaran Konfusius dan Tao,” terang Lukito Widjojo, wakil ketua TITD Hwie Ing Kiong Madiun yang juga ikut bebersih klenteng An Hien Bio.

Baik Lia maupun Lukito berharap di Tahun Imlek 2574 ini, semua warga Indonesia, khususnya Magetan diberikan kemurahan rejeki yang baik. Juga kesehatan serta ketentraman hati.

“Semoga di Tahun Baru Imlek ini, hati kita semakin bersih,” kata dia. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email
Tags

Add Comment

Click here to post a comment