Breaking news:

Untuk Sastrawan Iman Budhi Santosa dan Magetan, Perpustakaan Dbuku Gelar Festival Sastra IBS

MAGETAN – Perpustakaan Dbuku bekerja sama dengan Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, akan menggelar Festival Sastra Iman Budhi Santosa.

Gelaran yang akan berlangsung dua hari, 2-3 Desember 2023, tersebut melibatkan seniman, penulis, pegiat kebudayaan, pegiat literasi, dan masyarakat setempat.

Ketua Dbuku, Lucky Setiyoherman mengatakan Festival Sastra IBS ini, merupakan dedikasi atas segela jerih payah, atas segala perjuangan Iman Budhi Santosa dalam bidang sastra dan literasi.

“Sayangnya, sejauh ini tak banyak orang Magetan yang tahu siapa Iman Budhi Santosa, meski jagad susastra nusantara memujanya,” katanya, Jumat (1/12/2023).

Lucky menceritakan, Iman Budhi Santoso merupakan penulis kelahiran Magetan, yang selama hidupnya melahirkan karya-karya sastra, seperti Balada Perempuan-Perempuan Tercinta, Legenda Damar Wulan, Rumah Cinra Kampung Halaman Tanah Jawa, dan lainnya.

“Selama di Jogja, beliau juga terlibat dengan pendirian Persada Studi Klub, komunitas sastra legend itu,” jelasnya.

Menurut Lucky, rangkaian acara selama Festival Sastra IBS itu terbuka untuk umum. Ia berharap masyarakat Magetan, terutama para guru Bahasa Indonesia dan pegiat literasi Magetan, untuk bisa hadir dalam festival tersebut.

“Festival Sastra IBS ini kita mulai dengan workshop penulis kreatif. Kita undang teman-teman SMP, SMA untuk belajar menulis sastra. Kita perkenalkan Mas Iman sebagai putra Magetan yang berjasa dalam bidang sastra,” tuturnya.

Acara puncaknya pada Parade Apresiasi Sastra. Ada komunitas seni dan seniman dari berbagai kota akan menampilkan pembacaan puisi atau geguritan untuk mengenang Mas Iman Budhi Santosa.

Beberapa seniman yang akan tampil pada acara puncak Parade Apresiasi Sastra, di antaranya, Diana Sasa (Magetan), Cak Kandar (Sleman), Latief S. Nugraha (Bantul), Komunitas Hujan Buku (Magetan), Fileski (Madiun), dan lainnya. (far/mk)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Berita Terkait