Kembang Mekar

Helm Star Wars Buatan Cah Plaosan Tembus Pasar Luar Negeri

Magetan – Namanya, Dimas Mukti Wibowo. Warga Desa Buluharjo, Kecamatan Plaosan, Magetan. Usianya, 29 tahun. Di usia mudanya, dia sudah bisa meraup Dollar. Helm bertema Star Wars buatannya berhasil menembus pasar luar negeri.

“Pemesan datang dari Bali, Kalimantan, Riau, Sulawesi. Yang dari luar negeri, paling banyak Malaysia dan Singapura,” katanya, Minggu (30/1/2022).

Menurut Dimas, pemesan ada yang datang untuk melihat langsung proses pembuatan. Sebagian besar melalui internet.

Topeng helm karakater Star Wars, seperti Darth Vader, Captain Phasma, Kylo Ren, dan belasan karakter lain, dibuat di rumahnya yang sekaligus jadi bengkel kerja.

“Saya memulai sekitar tahun 2016. Sekarang omzet, sekitar 15 hingga 20 Juta per bulan,” katanya.

Dimas mengaku usaha propsmaker (pembuat replika properti) ini ditekuni karena hobinya menonton film Star Wars.

“Karena saya suka nonton film Star Wars. Lalu, timbul ide untuk membuat aksesorisnya terutama helm. Autodidak aja,” jelasnya.

Helm buatan Dimas berbahan baku dari serat kaca atau fiberglass, dan resin. Dari bahan baku itu, dicetak bentuk topeng helm, lalu dicat sesuai tokoh karakter. Terakhir, finishing agar nyaman dipakai.

Helm dijual di kisaran Rp1 Juta hingga Rp2 Juta. Tergantung, ukuran dan tingkat kesulitannya. Harga ini jauh lebih murah dibanding helm produksi luar negeri, dengan kualitas yang nyaris sama.

“Saya sengaja beli karena suka saja, selain buat koleksi juga buat gaya-gayaan nantinya di karnaval,” kata Azela, pembeli asal Madiun. (far/mk)

 

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment