Pemilu 2024

Tes Calon PPS, 2 Ribu Warga Magetan Ikut Serta

Magetan – Sebanyak 200 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tidak hadir dalam tes tulis yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, Jum’at (6/1/2023). Sebelumnya data dari KPU Magetan, terdaftar calon anggota PPS sebenyak 2.346 orang.

Menurut Nur Salam, Komisioner KPU Magetan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM mengatakan, ratusan peserta yang tidak hadir langsung dinyatakan gugur. Sementara, 2.146 calon anggota yang mengikuti tes, akan diambil 9 orang dari tiap desa untuk mengikuti tes selanjutnya.

“Peserta yang tidak hadir kami nyatakan tidak lolos atau gugur. Sementara itu, karena akan kita ambil 3 kebutuhan. Untuk hasilnya akan kita umumkan pada tanggal 12 Januari 2023 mendatang,” jelas Salam.

Lebih lanjut, Nur Salam menjelaskan, bahwa tes tulis kali ini dilakukan secara manual. Beda dengan tes tulis pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sebelumya yaitu dengan cara Computer Assisted Test (CAT). Dari waktu 90 menit, setiap peserta mendapatkan 75 soal.

“Tes tulis semua dalam satu waktu. Kami pusatkan di GOR Ki Mageti. Untuk cara memang manual, tapi sistemnya hampir sama dengan CAT. Dimana setiap calon peserta anggota PPS mendapat soal beragam,” imbuh Salam.

Sementara itu, dengan ribuan calon anggota PPS yang ikut dalam tes tulis. KPU Magetan sudah mengantisipasi dengan memperbantukan PPK untuk mengatur para peserta di tiap kecamatan dan desa masing-masing. Dari hasil peserta yang lolos pada tes tulis tersebut, nantinya akan melakukan wawancara yang akan dilakukan pada tanggal 15 Januari 2023.

“Selanjutnya adalah tes wawancara. Dari calon anggota PPS yang lolos akan kita lantik pada tanggal 24 Januari Mendatang,” pungkasnya. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email
Tags

Add Comment

Click here to post a comment