Selasa, 25 Juni 2024

DPRD Magetan Berikan Rekomendasi LKPJ Bupati 2022, Begini Isinya

Magetan – Ini rekomendasi DPRD Magetan terkait dengan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2022 duet Bupati Suprawoto dan Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti.

Meski beberapa indikator belum mencapai target, DPRD Magetan mengungkapkan bahwa data capaian serta paparan perangkat daerah menyajikan impact atau dampak yang cukup baik.

Hasil tersebut dinilai sebagai sinergitas kerja antar-lintas perangkat daerah. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD setempat, Nur Wakhid dalam rapat paripurna di gedung dewan pada Rabu (3/5/2023).

Menurut dia, dari 22 Indikator Kinerja Utama (IKU) Magetan yang merupakan alat untuk mengukur keberhasilan RPJMD dalam pencapaian visi dan misi Bupati Magetan periode 2018-2023, terdapat 15 IKU yang mencapai target dan terdapat tujuh yang belum mencapai target.

“Maka direkomendasikan agar program dan kegiatan yang menunjang tercapainya target kinerja tersebut pada tahun anggaran 2023 dapat dipertahankan. Bahkan ditingkatkan, melalui perumusan arah kebijakan yang lebih fokus dan terukur serta didukung alokasi anggaran yang cukup dan memadai,” papar Nur Wakhid membacakan laporan dan rekomendasi dari pembahasan gabungan Komisi A, B, C dan D tersebut.

Adapun indikator sasaran daerah yang capaiannya belum memenuhi targetnya DPRD meminta agar OPD yang bersangkutan dengan indikator sasaran tersebut, untuk melakukan telaah secara mendalam guna mencari penyebab mengapa berbagai indikator sasaran tersebut pada tahun 2022 tidak mencapai targetnya.

“Selanjutnya, penyebab tersebut menjadi dasar arah kebijakan OPD pada perencanaan dan penganggaran tahun perubahan RKPD 2023 dan RKPD tahun 2024. Dengan demikian hal yang sama tidak terulang pada tahun 2023 dan tahun 2024.” demikian Nur Wakhid, politisi PKB itu.

Nur Wakhid juga menyampaikan 41 rekomendasi DPRD soal pada LKPJ Bupati tahun 2022. Serta rekomendasi mengenai capaian pembangunan. Terutama, terhadap aspek kesejahteraan masyarakat dari beberapa capaian IKU, dan indikator tujuan dari visi misi daerah tahun 2022.

“Kami meminta pada Bupati Magetan agar menindaklanjuti semua rekomendasi. Karena DPRD akan mengawal terus rekomendasi LKPJ tahun 2022 ini,” kata Nur Wakhid.

Bupati Suprawoto pada media berterima kasih atas peran serta seluruh pihak dalam pelaksanaan program kerja Pemkab Magetan di tahun 2022. Pada prinsipnya, pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi dewan.

“Saran, koreksi juga masukan itu semua dalam rangka perbaikan dan fungsi pengawasan pemerintahan. Rekomendasi ini kami terima. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam rangka mewujudkan Magetan yang lebih baik,” pungkas bupati.

Rapat paripurna istimewa dipimpin Ketua DPRD Sujatno tersebut dihadiri langsung Bupati Suprawoto, Wakil Bupati Nanik Endang Rusminiarti, jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Hergunadi, asisten dan staf ahli, seluruh kepala OPD Pemkab Magetan serta undangan lainnya. (mif/mk)

Berita Terkait

Hot this week

Pilkada Magetan, PAN Pastikan Jalan dengan Demokrat

Magetan – DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Magetan memastikan...

Maju Pilkada Magetan, Nur Sodiq Sudah Daftar Cabup di Partai Gerindra

Magetan - Mohamad Nur Sodiq muncul sebagai wajah baru...

Direktur TWC Dikabarkan Maju Pilkada Magetan, Berikut Penjelasannya

Magetan – Setelah ada stagnasi perpolitikan pascapendaftaran cabup/cawabup, muncul...

Buka Komunikasi Politik, Kandidat Calon Bupati Magetan Nur Sodiq Temui Dua Ketua Partai

Magetan – Pelan-pelan, salah satu kandidat calon bupati Magetan...

Hari Raya Idul Adha, Nur Sodiq Pulkam, Kunjungi Pondok dan Berkurban

Magetan – Momentum Idul Adha 1445 H menjadi waktu...

Berita Terbaru

Jeneng, Jenang, dan Jaringan

DUA bulan lagi, pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil...

Pakai Anggaran Pusat, DPUPR Magetan Perbaiki Jalan Maospati-Bendo Mulai Juli

Magetan – Dinas PUPR Magetan akan memperbaiki jalan sepanjang...

Tepis Nyalon, Ketua AKD Magetan: AKD akan Ambil Peran untuk Sukseskan Pilkada 2024

Magetan – Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Magetan bertekad...

Popular Categories