Peristiwa

Ngaji Kebangsaan Buka Festival Soerjo 2022

Magetan – Acara awal rangkaian Haul Gubernur Soerjo ke-74, berlangsung hingga malam.

Pengajian bertema ceramah kebangsaan digelar depan komplek Makam Gubernur Soerjo di Jalan Salak, Magetan, Jumat (11/11/2022). Pengajian mengadirkan Gus Muwafiq sebagai penceramah.

Hadir dalam acara ini, Ketua DPRD Jawa Timur, Kusnadi, Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dan jajaran Forkompinda.

“Ini baru pertama. Dan, ini akan digelar setiap tahun. Mohon pangestunya agar bisa melakukan haul ini di setiap tahun. Untuk menghormati jasa pahlawan kita,” kata Kusnadi.

Wakil Gubernur Jatim, Emil Dardak juga mengungkap hal sama. Pemerintah Provinsi akan menggelar acara haul sebagai acara tahunan Pemprov Jatim.

Bupati Magetan Suprawoto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung keberlangsungan acara haul Gubernur Soerjo.

“Semoga kita mendapat keberkahan dari acara haul Gubernur Soejo,” katanya.

Sebelum pengajian, diawali dengan pemberian santunan, tahlil bersama ketua MUI Magetan KH. Ahmad Fatoni. Dan, penyerahan piagam apresiasi kepada keluarga Gubernur Soerjo dari pemprov Jawa Timur.

Paginya, ada prosesi ziarah di makam Gubernur Soerjo.

“Saya bangga dan memberikan apresiasi kepada DPRD dan Pemprov Jatim. Agenda Festival Soerjo ini akan memberikan banyak manfaat, bagi Magetan dan bagi warga di luar Magetan bisa mengetahui secara luas. Bisa datang ke Magetan, dan mendongkrak ekonomi,” papar Anggota DPRD Jawa Timur, Diana Sasa.

Haul Gubernur Soerjo 2022 akan berlangsung sampai tanggal 19 November 2022, dengan beragam acara serta perlombaan. Ada juga penampilan penyanyi cilik Farel Prayoga di GOR Ki Mageti, Magetan. Juga ada sarasehan sejarah, diskusi lingkungan, pentas sastra, pameran budaya, dan bazar UMKM. (rud/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment