Peristiwa

Pemkab Magetan Alokasikan 1,6 Milyar untuk E-voting di 29 Pilkades Tahun Ini

Magetan – Sedikitnya 29 desa di Magetan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) di tahun 2023 ini. Rencananya, pilkades serentak tersebut menggunakan sistem E-Voting.

“Pilkades serentak 2023 rencananya digelar antara bulan Juni sampai dengan September. Hari H pilkades akan ditentukan oleh Bupati melalui surat keputusan,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) Pemkab Magetan, Eko Muryanto, Kamis (19/1/2023).

Guna mendukung pelaksanaan pilkades serentak ini, pemkab mengalokasi anggaran bantuan keuangan khusus desa (BKKD) senilai Rp 1,6 milyar.

“Awalnya, ada 26 desa tapi sampai detik ini yang pilkades serentak ada 29 desa. Ini karena ada kades yang meninggal dan kesandung kasus hukum yang statusnya sudah inkracht,” terang Eko.

Untuk BKKD, lanjut dia, tiap desa tidak sama. Desa dengan jumlah pemilih 0-1.500 pemilih akan mendapat support dana Rp 50 juta. Kemudian, 1.501 sampai 2.500 pemilih dibantu Rp 55 juta. Dan, 2.501 pemilih ke atas BKKD-nya, Rp 60 juta.

“Saat kami terus melakukan simulasi ke desa. Alhamdulillah, simulasi berjalan lancar. Meskipun dalam simulasi yang kami utamakan pemilih berusia sepuh,” ungkap Eko. (mif/mk)

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment

Click here to post a comment